Cara Mengetahui Windows 32 bit atau 64 bit Pada Laptop / Komputer

Sedari dulu, baik Windows 7, 8 dan 10 menyediakan dua versi yakni 32-bit dan 64-bit. Kalau soal lebih baik yang mana, tentu saja 64 bit memberikan performa komputasi dan pemrosesan data yang lebih baik. Hanya saja tidak semua komputer atau laptop lantas di sarankan untuk menggunakan Windows 64 bit.

Windows 32 bit dan 64 bit memiliki perbedaan pada besarnya bit pemrosesan data yang di lakukan. Sudah barang tentu Windows 64 bit dapat memproses data dengan lebih cepat dan bit yang lebih besar. Sehingga sangat cocok digunakan di komputer yang memang ditugaskan untuk mengerjakan tugas berat dengan intensitas pemrosesan data yang sering dan besar.

Cara Mengetahui Windows 32 bit atau 64 bit Pada Laptop / Komputer Kamu

Nah lalu bagaimana sih cara melihat atau mengecek tipe Windows yang kamu gunakan apakah 32 bit atau 64 bit?

Bisa dengan membuka jendela DirectX Diagnostic Tool, caranya cukup tekan Star kemudian ketik dxdiag dan tekan Enter, nantinya akan di perlihatkan jenis Windows yang kamu install.



Tampilan DxDiag
Sebagai contoh di atas, komputer menggunakan Windows 7 Ultimate 32-bit.

Lalu sebaiknya pilih Windows 32 bit atau 64 bit?

Kamu bisa cek melalui jendela System di Kontrol Panel – System and Security – System atau bisa langsung tekan Start kemudian ketikan System.


Cara mengetahui Windows 32 bit atau 64 bit

Akan ditampilkan apakah tipe processor kamu sebaiknya menggunakan Windows 32 bit atau 64 bit, jadi kamu bisa menyesuaikannya sendiri.

Windows 32-bit (x86) dan 64-bit(x64) memiliki perbedaan dalam optimalisasi penggunaan RAM, 32 bit hanya bisa membaca RAM hingga 4 GB saja sedangkan 64 bit bisa mengoptimalkan RAM hingga 192 GB.

Jadi bisa digunakan sebagai salah satu acuan, ketika RAM perangkat kamu dibawah 4 GB sebaiknya menggunakan Windows 32 bit sedangkan jika lebih dari 4 GB disarankan untuk menggunakan Windows 64 bit.

Selain itu Windows 64 bit dapat menjalankan program aplikasi 32 bit secara umum sedangkan Windows 32 bit tidak bisa menjalankan program aplikasi 64 bit. Meskipun ada sebagian program juga yang hanya bisa di jalankan di 32 bit dan 64 bit tidak dapat menjalankannya.

sumber

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengetahui Windows 32 bit atau 64 bit Pada Laptop / Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.