Malware yang dapat cepat mencuri data di OS Apple Mac

Virus dan malware untuk komputer berbasis Windows bisa dijumpai dengan mudah. Di waktu yang bersamaan, para pengguna Mac kerap membanggakan ketahanan sistem keamanan komputer yang mereka gunakan. Namun hal ini bukan berarti kalau sistem keamanan Mac Apple benar-benar tak bisa ditembus oleh virus ataupun malware.
Perusahaan antivirus Bitdefender baru saja mengungkapkan keberadaan sebuah backdoor malware yang secara khusus dibuat untuk menginfeksi pengguna Mac. Backdoor malware tersebut bernama Backdoor.MAC.Eleanor. Mereka yang terjangkit malware ini pun bakal sangat dirugikan. Karena malware ini memungkinkan kreatornya untuk bisa mencuri data-data penting yang tersimpan di komputer Mac.
(sumber gambar BitDefender)
Bitdefender mengungkapkan kalau malware ini menyebar secara luas melalui sebuah situs mempunyai reputasi bagus. Mereka tidak menyebutkan secara rinci situs yang dimaksud. Nampaknya hal ini dilakukan untuk menjaga reputasi dari situs yang dimaksud. Terlebih malware ini bisa menginfeksi Mac setelah penggunanya mengunduh aplikasi EasyDoc Converter dari situs yang dimaksud.
Setelah aplikasi tersebut terinstal di dalam Mac, maka kreatornya pun bisa mengontrol Mac secara penuh dari jarak jauh. Dan tentunya, mereka pun akan bisa dengan bebas mengoperasikan Mac yang telah terinfeksi itu. Terlebih kalau hanya digunakan untuk mengirimkan file-file penting. Sayangnya, pihak Bitdefender tidak memberikan solusi bagaimana cara untuk mengatasi malware Mac ini.
(BHK)

Bagikan

Jangan lewatkan

Malware yang dapat cepat mencuri data di OS Apple Mac
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.