Cara Membuat dan Memasang Meta Blog SEO Friendly

Banyak yang bertanya, apa sih meta tag itu? Meta tag dalam bahasa manusianya, ibarat kunci rumah yang spesifik untuk membuka pintu.

Atau dalam artian meta tag itu menjadi perantara blog kita ke mesin pencari agar informasi di blog kita bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari seperti google. Informasi yang diberikan blog kita ke google akan lebih spesifik sehingga setiap kata yang diketikkan di google bisa mengarah ke blog kita. Gitu!

Nah, untuk memasang meta tag ke blog kita membutuhkan beberapa langka. Selain itu, ada dua cara memasang meta tag. Kita mulai saja, semoga penjabaran dibawah ini bisa dengan mudah dipahami.

  • Pertama log in ke Blogger, lalu klik Template dan pilih Edit HTML.


  • Lalu cari kode dibawah ini di halaman HTML. Untuk mempermudah pencarian tekan "Ctrl F"

  • Setelah dapat kode diatas, copy lagi script dibawah ini, dan paste tepat dibawah kode diatas. Tampilannya akan seperti pada gambar.
 

Keterangan Script
Deskripsi Blog : Utuk pengisian deskripsi blog ini isi sesuai dengan blog Anda. Misal blog tentang mobil, deskripsinya bisa seperti ini " Blog yang memberikan informasi tentang cara merawat dan memperbaiki mobil dengan mudah. ". Usahakan panjang deskripsinya antara 150-160 karakter saja.

Kara Kunci Blog : Untuk meta keywordsnya isi dengan kata kunci yang mengacu pada judul blog buat memaksimalkan pencarian di mesin pencari. Misal dari contoh di atas keywordnya bisa digunakan kata "mobil,merawat mobil,tips merawat mobil,tips memilih jenis mobil,perkumpulan pencinta mobil," dan seterusnya. Usahakan keywordsnya jangan banyak-banyak, maksimal 15 saja, kalau bisa antara 8-10 kata saja biar lebih SEO friendly.

  • Setelah selesai mengisi semuanya, lalu klik Simpan template.

Selanjutnya kita pelajari cara kedua. Cara yang kedua ini sebenarnya hanya merupakan pendukung dari cara pertama diatas. Ini supaya blog kita lebih SEO friendly lagi. Begini caranya:

  • Kembali lagi ke Template lalu Edit HTML seperti langkah awal diatas. Lalu copy kode dibawah ini dan paste dibawah kode baru yang tadi sudah ditambahkan pertama kali. Posisinya seperti gambar.




Sekarang tingggal ganti author sama nama Anda, trus copyright sama judul blog Anda. Buat geo.placename, geo.country dan language bisa diganti tergantung negara mana yang jadi priorotas dan bahasa apa yang di pake di blog kalian semua. Lalu Simpan template, beres sekarang blog Anda sudah lebih SEO friendly.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membuat dan Memasang Meta Blog SEO Friendly
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.